Selasa, 04 Juni 2013

Menjadi Wirausaha Agribisnis Yang Tangguh

     Wirausaha adalah seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dalam menjalankan kegiatan usahanya atau bisnisnya atau hidupnya. Ia bebas merancang, menentukan mengelola, mengendalikan semua usahanya. Sedangkan kewirausahaan adalah suatu sikap, jiwa dan kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru yang sangat bernilai dan berguna bagi dirinya dan orang lain.
      Wirausaha adalah orang yang terampil memanfaatkan peluang dalam mengembangkan usahanya dengan tujuan untuk meningkatkan kehidupannya.
Pada hakekatnya semua orang adalah wirausaha dalam arti mampu berdiri sendiri dalam emnjalankan usahanya dan pekerjaannya guna mencapai tujuan pribadinya, keluarganya, msaayarakat , bangsa dan negaranya, akan tetapi banyak diantara kita yang tidak berkarya dan berkarsa untuk mencapai prestasi yang lebih baik untuk masa depannya, dan ia menjadi ketergantungan pada orang lain, kelompok lain dan bahkan bangsa dan Negara lainnya.
     Dalam wirausaha memiliki konsep sebagai dasar  sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, siasat, kiat, proses, dan hasil bisnis. Menjadi wirausaha adalah hal yang penuh dengan resiko namun seorang wirausahawan yang tangguh tidak memandang itu sebuah resiko namun itu dipandang sebagai sebuah tantangan yang harus dihadapi. Kendala yang dihadapi dapat diminimalkan dengan cara analisis SWOT dengan demikian peluang dan ancaman usaha yang dijalankan jadi jelas.
     Wirausaha agribisnis memiliki peluang yang sangat besar untuk berkembang mengingat nilai ekonomi pemenuhan pangan nasional sangat besar. Peluang tersebut terlihat dari program empat sukses pembangunan pertanian yang kesemuanya terkait dengan pembangunan ketahanan pangan dan kemandirian pangan. Diantaranya adalah peningkatan produksi padi guna mencapai surplus beras 10 juta ton dalam waktu 5- 10 tahun ke depan.
     Pemerintah juga berjanji akan memberikan fasilitas bagi pengembangan kewirausahaan di bidang pertanian dan pangan. Beberapa dukungan yang telah diberikan pemerintah bagi wirausaha agraris adalah dengan memberikan pelatihan dan pendampingan usaha, pemberdayaan masyarakat, akses terhadap permodalan baik berupa bantuan sosial maupun kredit, promosi pasar serta perlindungan usaha.
     Nah,,! dengan adanya peluang yang begitu besar kini saatnya Sarjana pertanian memfokuskan diri pada bidang wirausaha, hal tersebut memberikan dua manfaat sekaligus yaitu sebagai mata pencaharian dan menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat sekitar usaha.
jika ingin sukses,,, kuliah jangan berharap menjadi PNS namun menjadi pelopor dalam menciptakan lapangan kerja,,,!

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar